TEORI MENGUASAI KONSEP
DASAR GEOGRAFI
Dosen Pengampu : Burhanuddin, M.pd.
DI SUSUN OLEH :
Kelompok V
1 . NIA SUSILAWATI
2 . BQ. ELISA MARTIKA
3 . SITI HAPSAH
4 . JUMRATUL AENI
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN
DAN ILMU
PENDIDIKAN ( STKIP ) HAMZANWADI SELONG
JURUSAN PGSD
TA .2012/2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah
SWT karna dengan limpahan rahmat dan karuniaNya.Kami bisa menyelesaikan makalah
ini dengan baik. Sholawat dan salam tercurahkan- kepada baginda Nabi Muhammad SAW , keiuarga
dan para sahabatnya semoga kita termasuk golongannya.
Makalah ini kami susun dengan
tujuan membahas teori MENGUASAI- KONSEP DASAR
GEOGRAFI. Dan tak lupa pula kami ucapkan
terimakasih kepada dosen atas bimbingan dan arahannya. Dan ucapan terima kasih
saya sampaikan kepada teman-teman, khususnya dari kelompok kami, karena dengan
kerja sama dan masukan daari teman-teman makalah ini dapat tersusun dengan
baik.
Kami sadar makalah ini jauh dari kesempurnaan. Oleh
karena itu kami
Mengharapkan kritikan dan saran yang membangun
demi kesempurnaan makalah kami ini. Dan semoga makalah ini dapat berguna bagi
kita semua, Amin.
Wassalam
penulis
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar…………………………………………………………..i
BAB
I. PENDAHULUAN
A. Latar belakang ..........................................................................
1
B. Rumusan Masalah ....................................................................
2
C. Tujuan ......................................................................................
3
BAB II. PEMBAHASAN
A. Pengertian Ruang Lingkup, dan Tujuan Geografi
.................. 4
B. Memberikan Contoh Konsep Dasar Geografi
.......................... 5
C. Mengimplentasikan Dalam Kehidupan Sosial Masyarakat Sekitarnya
BAB III. PENUTUP
A. Kesimpulan
.......................................................................... 7
B. Saran .....................................................................................
8
C.
Daftar
pustaka........................................................................9
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakag
Tidak terasa industri semakin
bertambah dan bertebaran dimana-mana kita tidak
mempunyai
waktu lagi untuk mengontrolnya. Kita tidak tahu bahwa limbah industri telah
mengalir kemana-mana . limbah itu telah mencemari sungai-sungai di permukaan bumi ikan-ikanpun mati teracuni . lalu
binatang-binatang lain yang minum di air sungai
yang sudah
tercemar itu juga ikut sakit dan mati.
Kalau
bumi sudah mengalami kerusakan maka tidak ada yang dapat di produksi.
Jika tidak
ada kegiatan produksi kebutuhan manusia tidak akan terpenuhi . Apa solusi
terbaik
untuk menguasai hal tersebut ? tidak ada pilihan lain kita harus
menyelamatkan
bumi .
Untuk
menyelamatkan bumi dari segala macam kerusakan itu kita harus mengenali sifat-sifat bumi dengan cara kita
harus belajar GEOGRAFI . Disini geografi
mengajarkan kita untuk berbuat bijaksana terhadap
bumi dan kehidupan kita.
Dalam
geografi kita mempelajari gejala ruang dan waktu dipermukaan bumi terutama
fenomena alam yang berkaitan dengan lokasi, proses, penyebaran dan interaksi.
Dalam
makalah dan diskusi kali ini akan kita bahas mengenai pengertian, ruang lingkup
geografi dan tujuan geografi serta memberikan contoh konsep dasar geografi lalu
mengimplementasikan dalam kehidupan sosial
masyarakat sekitar.
B. Rumusan Masalah
Masalah-masalah yang kami
rumuskan dalam makalah ini adalah sebagai burikut
1. Apa pengertian geografi serta meliputi apa
sajakah ruang lingkup geografi itu?
2. Seperti apakah konsep dasar geografi itu ?
C.
Tujuan
Sesuai
dengan rumusan masalah di atas yang di kemukakan tujuan makalah ini untuk mengetahui
keadaan bumi dan ruang lingkupnya
beserta konsep dasar geografi tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN, RUANG LINGKUP, DAN TUJUAN
GEOGRAFI
1.
Pegertian Geografi
Geografi
berasal dari bahasa yunani. Eratosthenes mengemukakan bahwa geografi berasal
dari kata geographica. Geo berarti bumi dan graphien berarti tulisan, lukisa
atau pencitraan. Jadi geografi merupakan ilmu pengetahuan yang melukiskan,
menuliskan dan mencitrakan tentang bumi beserta kehidupan yang ada diatasnya.
Secara etimologis geografi adalah ilmu yang mempelajari dan menggambarkan
keadaan bumi dan segala sesuatu yang ada diatasnya seperti: penduduk, fauna,
flora, iklim dan lain-lain (wardiat moko dan bintarto, 1999).
Sejak
zaman terciptanya manusia telah ada usaha untuk menggambarkan atau mencitrakan
keadaan berbagai tempat di permukaan bumi dan hubungan antar manusia dan
lingkungan alamnya. Penggambaran tentang keadaan berbagai tempat dan
bentuk-bentuk anatara manusia dan lingkungannya ini selanjutnya dikenal dengan
istilah geografi (sumadi sutrijat,1998). Seiring dengan perkembangan zaman ,
pengertian geografi mengalami perubahan
sesuai dengan kemajuan peradaban manusia dalam memandang bumi.
Perkembanagn
perumusan tentang geografi pada kenyataannya menyangkut isi dan maknanya.
Dibawah ini beberapa pendapat pakar tentang pengertian geografi sesuai
perkembangan zaman.
1. Menurut hartshorne (1959). Geografi
berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang berarti, beraturan, dan rasional
tentang sifat variabel dari permukaan bumi. Menurut alexander (1963) geografi
adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia.
2. Menurut R. Bintarto (1977) geografi adalah
ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisa gejala-gejala alam dan
penduduk, serta memepelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha
mencari fungsi dan unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.
3. Menurut Yeates (1967) geografi adalah
suatu ilmu yang memerhatika perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai
sifat yang beraneka ragam dari permukaan bumi.
4. Menurut M. Daljuni, geografi merupakan
ilmu pengetahuan yang mengajarkan kegiatan manusi di dalam satu ruang
5. Lokarya geografi di semarang 1988,
geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer
dengan sudut pandang kelingkungan atau
kewilayahan dalam konteks keruangan.
6. Menurut GBHN 1994, geografi adalah
pengetahuan mengenai persamaan dan perbedaan gejala alam dan kehidupan dimuka
bumi (gejala geosfer) serta interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam
konteks keruangan dan kewilayahan ( Sumadi sutrijat, 1999)
2.
Ruang Lingkup Geografi
Pemenuhan kebutuhan-kebutuhan manusia pada kenyataannya
tidak semuanya dapat di penuhi di daerahnya sendiri, sehingga manusia harus
melakukan usaha ketempat lain untuk mencukupinya. Dengan demikian, perjalanan
ke tempat lain tersebut akan memperluasa pengalaman dan pengetahuan manusia
tentang wilayah itu.
Pengalamn dan pengetahuan ini akan membawa
perubahan dalam memandang gejala alam (struktur, pola, fungsi dan proses) dan
prilaku serta aktivitas budi daya manusia di permukaan bumi. Hal ini terjadi
karena proses kajiannya akan selalu mengaitkan dengan lokasinya, integrasinya,
persebarannya, perkembangannya, interaksinya, dan interelasinya dalam lingkup
analisis keruangan, kewilayahan, ekologis, sistem dan sejarah
Dalam lingkup wilayah penelitian, kajian ini
dipandang sebagai suatu secara lebih mendalam sehingga dapat diperoleh gambaran
tentang persamaan dan perbedaan daerah yang satu dengan daerah yang lain.
Kajian geigrafi berdasarkan ilustrasi di atas
mempunyai ruang lingkup yang luas sehingga disiplin ilmu lainnya banyak yang
berkaitan dengan geografi. Keterkaitan geografi dengan disiplin ilmu lain ini
dapat dibedakan menurut aspek fisik dan aspek sosial.
Objek geografi fisik merupakan kajian yang khusus
membahas tentang unsur alam mengenai iklim, tanah, udara, air, dan semua
penomena alam yang dapat di amati. Disiplin ilmu yang berkaitan dengan objek
geografi ini antara lain dengan menggunakan bilogi untuk memahami pola flora
dan fauna global, dan matematika dan fisika untuk memahami pergrakan bumi dan
hubungannya dengan anggota tata surya yang lain. Termasuk juga didalamnya ekologi
muka bumi dan geografi lingkungan, astromi, dan
kimia. Sebagai contoh hubungan geografi dengan biologi yang telah
melahirkan ilmu baru adalah biogeografi (sudibyakto, 2004).
Objek geografi non fisik atau social juga
disebut antropogeografi yang fokus sebagai ilmu sosial, yang khusus membahas
tentang kehidupan manusia aspek non fisik yang menyebabkan penomena dunia.
seperti kepadatan penduduk, penyebaran penduduk, ekonomi dan jumlah penduduk.
selain itu mempelajari sebagai manusia beradaptasi dengan wilayahnya dan
manusia lainnya, dan pada transfortasi makroskopis bagaimana manusia berperan
di dunia. Bisa dibagi menjadi: geografi ekonomi, geografi politik (termasuk-
geopolitik), geografi sosial (termasuk geografi kota), geografi femisme dan
geografi militer. Disiplin ilmu yang berkaitan dengan objek geografi social
adalah antropologi, sejarah, politik, ekonomi, dan sebagainya. Sebagai contoh
hubungan geoggrafi dengan antropologi yang telah melahirkan ilmu baru adalah
antrogeografi ( priyadi, 2007).
Menurut
priyadi ruang linngkup geografi meliputi:
1. Persebaran dan keterkaitan penduduk di
muka bumi,
2. Hubungan timbal balik antara manusia
dengan lingkungan fisik,
3. Kerangka regional dan analisis dari region
yang mempunyai ciri tertentu.
Menurut hagget (1979), bentuk objek geografi meliputi:
1. Permukaan bumi sebagai lingkungan hidu
manusia,
2. Organisasi keruangan manusia dan hubungan
ekologis manusia dengan lingkungannya,
3. Kekayaan dan keragaman bumi.
Menurut chilson (1975) ruang lingkup geografi meliputi:
1. Pencacatan dan deskripsi gejala
dipermukaan bumi,
2. Studi tentang hubungan dari gejala didaerah-daerah
tertentu,
3. Penelitian masalah-masalah yang berdimensi
keruangan khususnya identifikasi pentingnya ruang sebagai suatu variabul.
Pendapat lain menyebutkan bahwa objek studi geografi ada 2. Yaitu objek
material dan objek formal (priadi, 2007).
objek material merupakan semua gejala yang terjadi dipermukaan bumi,gejala
ini di kenal dengan istilah geosfer yang terdiri atas,
1.Liosfer (lapisan kulit bumi)
2.hidrosfer (lapisan air dalam bumi)
3.biosfer(seluruh mahluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungan)
4.atmosfer(lapisan udara)
5.antrosposfer(lapisan manusia dan kahidupannya)
Sedangkan untuk objek formal adalah cara pandang atau cara berfikir
mengenai bentuk objek material(purbowati,2004.)0bjek formal ini terdiri atas:
1.spatial pattern yang merupakan pola dari sebaran gejala tertentu dimuka
bumi.
2.spatial system yang merupakan keterkaitan sesame antar fenomena dimuka
bumi,
3.spatial process yang merupakan perkembangan yang terjadi dimuka bumi.
( http://www.geogle.com)
3. Tujuan Geografi
Tujuan pembelajaran geografi
bertumpu pada tujuan yang lebih tinggi, dan tujuan pembelejaran geografi
terbagi menjadi tiga bagian: yaitu
1. Dari segi pengetahuan
~ Geografi dapat mengembangkan kopsep dasar geografi yang
berkaitan dengan pola keruangan
dan proses-prosesnya.
~ Mengembangkan pengetahuan sumber daya alam, peluang dan
keterbatasannyauntuk
dimamfaatkaan.
~ Mengembangkan konsep dasar geografi yang berhubungan dengan
lingkungan sekitar.
2. Dari segi keterampilan
~ Mengembangkan keterampilan mengamati lingkungan fisik,
lingkungan sosial, dan lingkungan
binaan.
~ Mengembangkan keterampilan, mengumpulkan data, imformasi
yang berkaitan dengan aspek-aspek keruangan.
~ Mengembangkan keterampilan analisis, sintesis, kecenderungan dan
hasil-hasil dari intraksi berbagai gejala
geografis.
3. Dari segi sikap
~ Menumbuhkan kesadaran terhadap perubahan fenomena geografi
yang terjadi lingkungan sekitar.
~ Mengembangkan sikap melindungi dan tanggung jawab terhadap
kualitas lingkungan hidup.
~ Mengembangkan kepekaan terhadap permasalahan dalam sumber
daya.
~ Mengembangkan sikap toleransi terhadap perbedaan sosial dan
budaya.
~ Mewujudkan rasa cinta tanah air dan persatuan bangsa.
B.
MEMBERIKAN CONTOH KONSEP DASAR GEOGRFI
Beberapa contoh konsep dasar geografi
antara lain sebagai berikut:
1. Konsep lokasi adalah: letak suatu tempat
di permukaan bmi, yang terdiri dari: 1.1
Lokasi absolut: tempat tetap.
2.1 Lokasi relatif : tempatnya bisa berubah karna faktor
tertentu.
2. Kopsep jarak adalah: jarak antara tempat
satu antara ketempat lain terdiri dari:
-
Jarak
absolut : jarak yang diikuti dengan satuan ukuran
-
Jarak
relatif : jarak yang dikaitkan atau
diukur dari faktor ekomi dan psikologis
3. Konsep keterjangkoan adalah: hubungan
antara satu tempat dengan tempat lain dikaitkan dengan sarana dan prasarana
angkutan
4. Konsep pola adalah: berkitan dengan
persebaran penomena geografer, contohnya permukaan bumi, persebaran flora dan pauna.
5. Konsep morfologi adalah: berkaitan dengan
pauna, bentuk permukaan bumi, sebagai
akibat tenanaga oksigen dan endogen, cotohnya pegunungan, lembah, dataran
rendah.
6. Konsep agiomerasi adalah: pemusatan
penimbunan suatu kawasan, contohnya
kawasan industri pertanian dan pemukiman.
7. Konsep nilai kegunaan adalah: suatu nilai guna tempat-tempat
dibumi.
8. Konsep interaksi dan interpendensi adalah:
saling berpengaruh dan ketergantungan antara gejala dipermukaan bumi, contoh
antara desa dan kota.
9. Konsep deferensiasi areal adalah: fenomena
yang berada antara tempat yang satu dengan tempat yang lain, contohnya area persawahan khas dan corak perpersawahan.
10. Kosep keterkaitan keruangan
adalah:keterkaitan persebaran suatu fenomena dengan fenomena lain. Contohnya
daerah pantai pada umumnya permata pencaharian sebagai nelayan.
( Id. Answers. Yahoo.com )
C.
MENGIMPLEMENTASIKAN DALAM KEHIDUPAN SOCIAL
MASYARAKAT SEKITARNYA.
Implentasi
geografi dalam kehidupan sosial masyarakat sekitar suatu yang ada dipermukaan bumi, spesial atau keruangan
merupakan sudut pandang yang khas dalam kajian geografi. Pengertian ruang (
space ) belum yang diketahui, padahal manusia ( kultur / budaya / sosial ) sendiri
hidup dalam ruang.sebenarnya semua yang hidup (biotik) atau yang mati (abiotik)
dimuka bumi berada pada satu ruang, yaitu ruang bumi. Dan meliputi daratan air
dan udara. Oleh sebab itulah semua aspek lingkungan yaitu biotik dan abiotik ( budaya / sosial ) sendiri hidup
dalam suatu wadah yang disebut dengan ruang.
Ruang
memiliki karakakteristik yang berbeda, yaitu beda antara suatu tempat dengan
tempat yang lain penting jadinya bahwa ruang ( space ) menjadi dasar dalam
mengaplikajikan berbagai disiplin ilmu
kedalam tanah geografi, dengan tujuan
untuk mempermudah dalam penerapan disiplin ilmu tersebut dengan ruang.
Keberadaan
pengguna aspek ruang dalam bidang ilmu yang lain ialah digunakannya reprentasi
ruang dalam bidang datar kertas atau disebut dengan peta untuk berbagai
kepentingan hal tersebut, berkaitan karena gambaran suatu ruang dapat dituangkan kedalam suatu bidang kertas
( 2 dimensi )atau bidang datar. Dan dengan memanfaatkan kajian ruangan maka
manusia mudah dalam mengaplikasikan pekerjaannya. Kajian keruangan memberikan
gambaran kepada semua manusia dari sudut pandang yang berbeda, contoh penerapan
atau pengimplementasi geografi dalam kehidupan sosial masyarakat sehari-hari
dituang kedalam cerita sebagai berikut:
“ Suatu seketika anda ditugaskan oleh seseorang yang anda paling
hormat untuk
mengantarkan sebuah surat kebeberapa instansi didaerah yang belum pernah anda ketahui sebelumnya, terkejutnya anda, karna surat yang menuliskan lokasi atau alamat instansi secara lengkap
sehingga anda pertama akan merasa
bingung, lalu bagaimana yang harus anda lakukan ? apakah anda bertanya
pada masyarakat
? bisa jadi memang, lalu anda
dengan teknik bertanya kepada masyarakat sekitar,
kumudian dalam jangka dua hari anda baru bisa
mengantarkan lima surat tersebut, padahal ada dua puluh surat lagi yang harus
dikirim serta target waktu penyebaran surat adalah empat hari dimulai dari ketika anda diberikan
tugas tersebut.Alhasil pasti anda bingung dan ragu apakah anda bisa menyelesaikannya
dalam waktu empat hari tersebut, karna dalam satu hari saja anda hanya bisa lima
surat. Kemudian tepat hari ketiga setelah hari penugasan anda dari orang yang anda
hormati mengantarkan surat mendatangi ruangan anda dan mamberikan sebuah kertas yang
didalamnya terdapat suatu gambaran
administratif dari daerah dimana anda ditugasi untuk mengirimkan surat. Kemudian orang yang
anda hormati tersebut meminta maaf karna tidak memberikan administrarif tersebut sejak awal atau hari
pertama.
kemdian anda mengamati peta
tersebut ada imformasi jalan yang akan anda tempuh, dan andapun memamfaatkan
imformasi jalan atau peta tersebut. sehingga anda lebih cepat menyelesaikan tugas
anda, kemudian andapun menyadari bahwa teknik pengantaran surat yang anda
lakukan kemarin telah menyebabkan banyak kantor instansi yang harusnya anda
kirimi surat terlewati.
Dengan
efektivitas dalam melihat suatu ruang
diatas maka anda dapat mengarjakan tugas anda dengan cepat dan berhasil.
Itulah sedikit dari kegunaan
geografi dalam kegiatan sehari-hari, bahkan berbagai bidang keilmuan, seperti
matematika, fisika, kimia, biologi, sosiologi, antrofologi, dan segainya.
Meskipun tidak semua materi dalam bidang keilmuan tersebut dapat dimasukkan
dalam aspek ruang ( spesial ).
Dengan
demikian semua yang berada pada ruang dipermukaan bumi dapat dimamfaatkan
geografi sebagai ilmu yang mendasar dalam bidang keilmuan lainnya. ( Yoga
prismata, 2012 )
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa, geogeafi merupakan ilmu pengetahuan yang melukiskan dan menceritakan tentang
bumi beserta kehidupan Isinya.
Adapun ruang lingkup geografi
meliputi persebaran penduduk dimuka bumi dan hubungan timbal balik antara manusia
dengan lingkungannya. Kajian geografi mempunyai ruang lingkup yang luas
sehingga disiplin ilmu lainnya banyak berkaitan dengan geografi.
Tujuan pembelejeran geografi itu
sendiri terbagi menjadi tiga bagian yaitu:
1. Dari segi pengetahuan yaitu: dapat
mengembangkan konsep dasar geografi yang berhubungan dengan lingkungan sekitar
dan wilayah negara atau dunia.
2. Dari segi keterampilan yaitu:
mengembangkan keterampilan mengenai lingkungan fisik, sosial dan binaan..
3. Dari segi sikap yaitu: mewujudkan rasa
cinta tanah air dan persatuan negara.
Disamping memiliki ruang lingkup, geografi juga memiliki beberapa konsep dasar , Adapun contoh nya sebagai
berikut:
1. Konsep
lokasi
2. Konsep
jarak
3. Konsep
keterjangkauan
4. Konsep
pola
5. Konsep
morpologi
6. Konsep
agiomerasi
7. Konsep
nilai
8. Konsep
interaksi dan interpenndensi
9. Konsep deferensiasi sosial
10. Konsep
keterkaitan keruangan
B.
SARAN
Demikian makalah yang dapat kami sajikan tentang geografi yang cukup singkat,
namun jika ingin lebih mngetahui tentang geografi dapat mendalaminya dengan
berbagai buku ataupun sumber yang berhubungan dengan geografi. (
http//www.geogle.com)
DAFTAR
PUSTAKA
( http//www.geogle.com)
The Best Casino Games with Low RTP & High Volatility
BalasHapusFind out 전주 출장샵 which casinos offer lower-paying games with low RTP & high volatility. Find out 구리 출장샵 the 대구광역 출장마사지 best slots, 논산 출장마사지 table games, keno, slots and more! 이천 출장마사지